Pembangunan Fasilitas Sanitasi di Jawa Tengah untuk Lingkungan Sehat

Sanitasi merupakan upaya yang dilakukan untuk mewujudkan kondisi lingkungan bersih dan sehat yang bertujuan untuk memperbaiki tingkat kesehatan masyarakat. Kemitraan BTPN Syariah dan Yayasan WWF Indonesia dalam Program Tepat Peduli Pembangunan Infrastruktur Komunitas Nasabah BTPN Syariah, bekerjasama dengan TAKA melakukan pembangunan fasilitas sanitasi di Provinsi Jawa Tengah yangdilaksanakan di 11 desa tersebar ke dalam 5 kabupaten.

Tidak dapat dipungkiri bahwa air adalah salah satu elemen utama di Bumi yang menjadi bagian tidak terpisahkan bagi seluruh makhluk hidup. Air bersih sangat penting tidak hanya untuk kesehatan manusia, namun juga lingkungan. Keterbatasan air bersih di beberapa kawasan di Jawa Tengah dirasakan oleh masyarakat. Beberapa kelompok masyarakat sulit mendapatkan akses air bersih, salah satu penyebabnya adalah lokasinya di daerah yang rawan kekeringan.

Menghadapi isu tersebut, sejalan dengan filosofi bisnis Do Good Do Well yang dijalankan BTPN Syariah sejak didirikan, melalui Program Tepat Peduli BTPN Syariah melakukan pembangunan dan pengadaan fasilitas yang menunjang ketersediaan air bersih untuk masyarakat di Kabupaten Semarang dan Kabupaten Boyolali. Desa Sangup, Boyolali merupakan salah satu lokasi program dengan pembangunan bak penampungan air.

Bak penampungan air dengan kedalaman hingga 4 meter ini dapat digunakan masyarakat desa untuk menampung air hujan. Air bersih tentunya dapat digunakan sehari-hari untuk kegiatan masyarakat di Desa Sangup, termasuk untuk sektor agraria setempat.

Foto bersama pihak BTPN Syariah, TAKA, dan Masyarakat Desa Sangup di kegiatan peresmian pembangunan bak penampungan air pada Program Tepat Peduli BTPN Syariah (Yayasan TAKA/Alfian Hidayat)

Selain Desa Sangup, pembangunan dan pengadaan fasilitas untuk air bersih berupa pengadaan pompa air dan tandon air juga dilakukan secara berturut-turut di Desa Keseneng dan Desa Kupang, Kabupaten Semarang.

Besar harapan kami hasil pembangunan dan pengadaan fasilitas air bersih di lokasi-lokasi tersebut dapat meningkatkan kualitas hidup dan sanitasi masyarakat. Dengan air bersih, masyarakat dapat terhindar dari penyakit yang disebabkan karena buruknya kualitas air.

Penyerahan plakat dari pihak BTPN Syariah kepada perwakilan masyarakat Desa Keseneng di lokasi pengadaan pompa air Program Tepat Peduli BTPN Syariah (Yayasan TAKA/Bima Fatah Alam)

Maula Nadia