Workshop: Genetik untuk Konservasi

Workshop Genetik merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Yayasan TAKA, bekerja sama dengan Yayasan Bionesia dan Departemen Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelutan, Universitas Diponegoro. Workshop ini ditujukan untuk para peneliti baik mahasiswa S1, S2, S3 serta umum yang memiliki ketertarikan dibidang genetik.

Penyaian Materi oleh Ni Putu Dian Pertiwi S.Si, M.Si

Workshop Genetik ini mengusung tema Genetik untuk Konservasi, berhasil dilaksanakan pada tanggal 14-15 Oktober 2019 dengan pemateri dari Yayasan Bionesia yaitu Ni Putu Dian Pertiwi S.Si, M.Si dan Andrianus Sembiring S.Kel, M.Si yang dihadiri oleh Dr. Ir. Diah Permata Wijayanti, M.Sc. dan Dr. Ir. Munasik, M.Sc. sebagai perwakilan Departemen Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Materi yang disampaikan merupakan materi dasar yang harus diketahui oleh peserta.

Pada hari pertama, para peserta mendapatkan materi pengantar tentang project design, lab technique, DNA, ekstraksi dan PCR. Project design dan lab technique sangat diperlukan sebagai pondasi untuk memulai penelitian tentang genetik. Selain pemaparan materi, praktik dari materi tersebut juga dilakukan oleh peserta seperti penggunaan Mikropipet, proses ekstraksi, running PCR (Polymerase Chain Reaction) hingga visualisasi DNA menggunakan alat Elektroforesis yang didampingi oleh asisten workshop yang yang memiliki kapabilitas di bidang tersebut.

Praktik Penggunaan Mikropipet dan Proses Ekstraksi

Hari kedua workshop dilaksanakan dengan pemberian materi tentang analisa dan interpretasi data atau Bioedit hingga praktiknya menggunakan software MEGA. Selain itu, peserta juuga mendapat pengetahuan tentang pohon Filogenetik dan jarak genetik.

Pengetahuan tentang materi dan praktik pada workshop ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi peserta yang tertarik dan bergerak dibidang genetik, dan dapat diaplikasikan pada kegiatan konservasi pada biota dalam rangka pemeliharaan dan perlindungan.

Pemateri dan Peserta Kegiatan Workshop Genetik

Mima Ratna Maya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *