Tips Berwisata Yang Ramah Lingkungan

Industri Pariwisata saat ini menjadi salah satu penyumbang terbesar devisa negara. Namun, masih banyak praktek wisata yang justru menjadi sebuah ancaman bagi lingkungan hidup.

Trend saat ini, banyak orang yang berwisata hanya untuk berfoto, membuat kegaduhan, dan terkadang masih membuang sampah di sembarang tempat. Hal itu bisa menjadi ancaman terbesar bagi alam kita

Pentingnya mengembangkan wawasan dan mendukung pemerintah dalam mengelola konsep ekowisata yang lebih banyak agar alam tetap bersih dan terjaga serta memunculkan dampak yang sangat signifikan bagi perekonomian kita.

Untuk mendukung kegiatan Pariwisata yang bertanggung jawab dan berbasis lingkungan, perlunya kesadaran dan wawasan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Berikut kami rangkum Tips Berwisata yang ramah lingkungan.

Gunakan transpotasi umum

Ketika melakukan perjalanan liburan atau traveling, pastikan untuk menggunakan angkutan umum selama di tempat tujuan. Ini tentunya menghemat bahan bakar dan uang. Bila semua wisatawan menggunakan metode ini, terbayangkah bagaimana lingkungan yang ramah karena tidak menambah polusi?

Gunakan layanan secara bijak

Menginap di hotel atau tempat tempat penginapan lainnya sering membuat kita menyalahgunakan fasilitas yang ada, seperti lampu, AC, televisi, dan lainnya. Meski sudah membayar, namun perilaku bijak bukanlah dengan membuang sumber daya tersebut sia-sia. Dan Jika handuk, sprei, dan selimut kamar di penginapan kita masih bersih, tidak perlu diganti setiap hari. Kita bisa menghemat banyak energi untuk hal ini.

Bantu melindungi satwa liar

Saat berkunjung ke suatu tempat, jangan membeli hewan dari spesies yang terancam punah. Hal ini adalah tindakan ilegal. Kita juga harus ikut mendukung tindakan membunuh dan menghancurkan satwa liar. Jangan membahayakan hewan lokal dalam bentuk apapun.

Memahami apa yang harus dilakukan di tempat wisata tersebut

Sebelum melakukan trip, kita harus paham dengan apa yang seharusnya diperhatikan. Pentingnya hal tersebut sebelum berkegiatan agar persiapan yang kita lakukan lebih matang dari segi finansial, pemahaman dan perencanaan kegiatan yang baik. Banyak cara yang bisa dilakukan antara lain, membaca Guide book, menggunakan jasa tour guide, dan saat ini sudah dimudahkan di dunia maya yang menyediakan Aplikasi yang menunjang perjalanan kita.

Kurangi barang bawaan yang berpotensi menjadi sampah.

Ini merupakan kewajiban semua wisatawan dalam melakukan kegiatan wisata. Alangkah lebih bijak jika kita bisa mengurangi penggunaan produk kemasan. Agar sampah tersebut tidak tertinggal di tempat kita berwisata. Apabila memang dibutuhkan, bawalah trash bag untuk membawa kembali sampah yang kita bawa, dan dibuang di tempat pembuangan sampah sebagaimana mestinya.

Mentaati Peraturan.

Setiap daerah kawasan wisata alam yang sudah dikelola memiliki tata tertib yang disediakan agar kita dapat berwisata dengan aman. Hal tersebut wajib diperhatikan mengingat banyaknya kecelakaan yang terjadi ketika berwisata. Tidak hanya untuk diri kita, tetapi untuk alam agar tetap lestari.

Take nothing but Picture, Kill nothing but Time, Leave nothing but Footprint”