Keren Piala dunia 2018 dirancang Ramah lingkungan

Ada yang menarik perhatian pada pagelaran piala dunia tahun ini (2018), fakta yang sangat membanggakan muncul dari gerakan penyelenggara piala dunia Russia, dan Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA). Perhelatan akbar sepakbola dunia tersebut dinyatakan ramah lingkungan, berikut Fakta -faktanya :

Fakta pertama, Sejumlah 12 stadion untuk 65 pertandingan Piala Dunia oleh 32 tim dengan 736 pemain yang bertarung dari Kaliningrad sampai Yekaterinburg dan dari St. Petersburg sampai Sochi, telah memperoleh Sertifikat Hijau. Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) dan panitia Rusia menyusun strategi untuk mengurangi imbas negatif dan meningkatkan dampak positif bagi masyarakat, ekonomi dan lingkungan hidup. Dalam perjalanan menuju ke sana, FIFA dan panitia juga berusaha untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya melestarikan lingkungan.


FIFA mengharuskan seluruh stadion Piala Dunia menerapkan konservasi air, efisiensi energi, akses transportasi, kenyamanan dan kualitas lingkungan. Selain itu juga mutlak ada pengelolaan limbah, bahan ramah lingkungan, konservasi keanekaragaman hayati dan akses pengunjung dengan mobilitas terbatas. Stadion Luzhniki, tempat pertandingan perdana, semi final dan juga final Piala Dunia di Moskow, dapat hemat energi sampai 70 persen serta irit 490.000 liter air dalam satu pertandingan.


FIFA bekerja sama dengan Badan PBB untuk Perubahan Iklim (UNFCCC) meluncurkan kampanye bagi pemegang tiket Piala Dunia untuk offset emisi karbon. Gas rumah kaca yang dilepaskan ke atmosfer di satu tempat dapat ditiadakan di tempat lain melalui proyek-proyek rendah karbon, peserta yang mendaftar kampanye kemudian diundi untuk memenangkan dua tiket laga final. Ini akan memastikan lebih banyak orang (utamanya dari penggemar sepak bola) berpartisipasi dalam kelestarian lingkungan.


Fakta berikutnya adalah Mega bintang Lionel Messi dari Argentina, Cristiano Ronado dari Portugal dan Neymar dari Brazil membangkitkan perhatian jutaan penduduk dunia terhadap permasalahan global yang mereka perjuangkan. Dengan pengikut Lionel Messi yang melebihi 80 juta baik di Facebook maupun Instagram, tentunya akan menimbulkan animo positif luar biasa. Penyerang dari Klub Barcelona ini baru ditetapkan oleh Badan PBB untuk Pariwisata Dunia (UNWTO) sebagai Duta untuk Pariwisata Bertanggung Jawab. Messi senang bisa bergabung dengan misi untuk mengikis ancaman pariwisata terhadap situs bersejarah dan lingkungan hidup.

Selain itu, Lionel Messi juga menjadi SDG Advocate yang mendorong tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, agenda global untuk memberantas kemiskinan, ketimpangan sosial dan perubahan iklim. Waw, gak disangka ya bahwa Piala Dunia kali ini bukan sekedar event akbar olahraga pemersatu seluruh dunia, tapi juga bersahabat dengan dunia yang kita tinggali ini juga.
So, Semoga Euforia piala dunia kita membawa dampak baik terhadap lingkungan sekitar juga ya Sahabat Konservasi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *