Inovasi Penanggulangan Sampah

Pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi di Indonesia, merupakan salah satu faktor semakin banyaknya sampah yang dihasilkan. Dimana masalah sampah itu sendiri tidak bisa lepas dari setiap kehidupan baik di daerah maupun di perkotaan.

Menurut Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (B3) Rosa Vivien Ratnawati mengatakan proyeksi volume sampah rumah tangga dan sejenis sampah rumah tangga pada 2018 mencapai 66,5 juta ton.

Sebagai warga yang peduli terhadap lingkungan kita bisa melakukan pengelolaan sampah yang dimulai dari dalam rumah tangga masing-masing dengan cara memilah sampah organik dan organik, melakukan daaur ulang terhadap sampah-sampah yang masih bisa dimanfaatkan dan dijadikan bentuk kreatifitas dari masing-masing.

Botol bekas dapat dijadikan sebagai pot bunga.
Plastik bekas kemasan dapat dijadikan kerajinan tangan yang cantik dan memiliki harga jual yang lebih tinggi.

Selain dilakukan pemilahan secara mandiri, saat ini telah banyak penelitian mengenai  inovasi penanggulangan sampah. Seperti pengolahan sampah menjadi kompos, pengolahan sampah menjadi briket yang bisa dijadikan bahan bakar dan yang terbaru adalah pengolahan sampah plastik menjadi BBM alternatif.

Meski sampah-sampah tersebut dapat diolah dan dimanfaatkan alangkah lebih baiknya jika kita lebih bijaksana dalam penggunaan produk yang menghasilkan limbah sampah. Kita bisa menggunakan tumblr sebagai tempat minum kita yang bisa kita isi ulang di tempat-tempat yang sudah disediakan daripada harus selalu membeli air mineral dalam kemasan, penggunaan produk dalam ukuran yang besar lebih baik dari pada menggunakan produk dalam kemasan sachet, membawa tas belanjaan sendiri lebih baik daripada harus membungkus belanjaan kita dengan kantong plastik.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *